Artikel

Dapatkan berbagai ilmu untuk kesehatan untuk Anda dan keluarga
news photo
PERJALANAN AMAN DI MASA PANDEMI BERSAMA TRAVEL CLINIC RS GRHA KEDOYA

 

Saat ini di Indonesia, maupun di seluruh dunia sedang mengalami pandemi Covid-19. Menurut data yang dikutip dari website Satgas Covid-19, per tanggal 21 Desember 2020 pasien yang sudah terkonfirmasi positif virus Covid-19 di Indonesia berjumlah 671.778 orang, dengan kasus aktif sebanyak 104.809 orang, sembuh 546.884 orang dan meninggal dunia 20.085 orang.

Untuk meminimalisir tingkat penyebaran virus Covid-19, maka pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai kebijakan bagi masyarakat, diantaranya dengan mewajibkan masyarakat menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, yakni 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara berkala.

Namun demikian meskipun di situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, kebutuhan masyarakat untuk melakukan perjalanan baik untuk kepentingan pekerjaan (business trip), beribadah (religious trip) maupun berlibur (leisure trip) masih tetap dapat dilakukan dengan berbagai syarat dan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Salah satu syarat perjalanan di masa pandemi sekarang ini mengharuskan Anda melakukan pemeriksaan Rapid Antibody atau rapid Antigen Test atau Swab PCR sebelum melakukan perjalanan. Bahkan ada beberapa negara yang mewajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Hasil negatif dari Swab PCR Test menjadi salah satu syarat diterbitkannya surat kelayakan perjalanan (Fit to Travel Letter) / surat kelayakan terbang (Fit to Fly Letter). Perlu diingat bahwa hanya Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan yang berhak mengeluarkan surat kelayakan terbang (Fit to Fly Letter) dan menyatakan seseorang aman untuk melakukan perjalanan. Syarat dan ketentuan untuk bepergian ke setiap negara yang berbeda-beda, tentu saja membutuhkan konsultasi lebih lanjut serta penerbitan surat kelayakan terbang yang sesuai dengan persyaratan masing-masing negara.

Untuk memfasilitasi hal tersebut, RS Grha Kedoya memiliki sebuah pelayanan baru, yaitu travel clinic. Didukung oleh seorang tenaga ahli yakni Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan yang juga sebagai Dokter Konsultan Kedokteran Perjalanan yang telah tersertifikasi secara internasional, dan diakui oleh International Society of Travel Medicine (ISTM), sebuah organisasi non profit tempat bernaungnya dokter-dokter ahli kedokteran perjalanan di seluruh dunia. Pelayanan ini dapat memastikan kondisi kesehatan Anda mumpuni / fit sebelum melakukan perjalanan.

“Sebuah perjalanan, baik yang bersifat business trip, religious trip maupun leisure trip, tentu memiliki pendekatan yang berbeda. Bepergian ke pegunungan, hutan, trekking ke alam bebas, ke pantai, ke pulau tentu saja berbeda dengan bepergian ke kota. Aktivitas di kota, seperti mengunjungi berbagai landmarks, berbelanja di pasar tradisional, mencicipi hidangan khas setempat, berinteraksi dengan warga lokal, dan sebagainya tentu sangat berbeda dengan aktivitas di alam bebas. Setiap tempat tentu memiliki faktor risikonya sendiri-sendiri. Hal inilah yang membuat setiap perjalanan menjadi unik karena memiliki karakternya tersendiri. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap menjalankan protokol kesehatan selama bepergian, apapun alasannya, baik untuk keperluan pekerjaan / bisnis, repatriasi / kepulangan, studi / belajar, ibadah, maupun berlibur sejenak dari rutinitas. Oleh karena itu, Travel Clinic RS Grha Kedoya dapat memfasilitasi Anda agar tetap aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan”. ungkap dr. Daniel Hadinoto, DTM, CTH, FISTM, Sp.KP, FAsMA-CATM.

Sebagai informasi, bahwa Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan di RS Grha Kedoya merupakan salah satu dari dua dokter di Indonesia yang sudah mendapatkan Certificate of Travel Health (CTH), sebuah pengakuan dari organisasi ISTM terhadap dokter konsultan kedokteran perjalanan yang telah tersertifikasi secara internasional. Selain itu, beliau juga bergabung dalam keanggotaan Aerospace Medical Association (AsMA) sebagai anggota dari Committee of Air Transport Medicine, dan turut serta berperan aktif dalam organisasi International Academy of Aviation and Space Medicine (IAASM) dengan beberapa kali diundang menjadi pembicara di forum kongres internasional tahunan mereka.

Travel Clinic RS Grha Kedoya juga memberikan pelayanan sebagai Klinik Vaksinasi Internasional (International Vaccination Clinic) yang mampu memberikan pelayanan vaksinasi perjalanan dan vaksinasi dewasa umum, serta mencatatkan setiap pelayanan vaksinasi ke dalam buku International Certificate of Vaccination and Prophylaxis (ICV) atau yang biasa dikenal sebagai “buku kuning”. Buku ICV ini dipakai sebagai bukti bahwa seseorang telah divaksinasi, dan menjadi syarat / bukti wajib untuk memasuki sebuah negara. Dokter kami telah mendapatkan Sertifikat Vaksinologi yang diterbitkan oleh Perhimpunan Alergi dan Imunologi Indonesia (Peralmuni) serta menyelesaikan pelatihan dari European Academy of Allergy and Clinical Immunology (EAACI), sehingga mutu dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi untuk melayani Anda.

Berbagai jenis vaksinasi untuk perjalanan ke beberapa Negara yang diwajibkan diantaranya Meningococcal disease (Meningitis) dan Influenza sebagai syarat masuk negara Arab Saudi dan Timur Tengah bagi para jamaah haji dan umrah. Vaksinasi Yellow fever disease sebagai syarat masuk negara-negara di Afrika pada umumnya. Amerika Serikat juga mewajibkan vaksinasi Meningococcal disease (Meningitis), Varicella zooster, Tetanus, Diphtheria, dan Acellular pertussis (Tdap), serta uji Tuberkulin bagi calon mahasiswa yang akan kuliah di negaranya. Vaksin Influenza dan Pneumococcal disease (Pneumonia) menjadi vaksinasi yang sangat populer di kalangan masyarakat selama masa pandemi, dan terbukti ampuh untuk menurunkan faktor risiko seseorang terinfeksi Covid-19. Ke depannya, vaksinasi Covid-19 tentu menjadi salah satu vaksinasi yang paling dinantikan oleh seluruh masyarakat. Vaksinasi ini akan menjadi syarat wajib bagi calon traveller yang akan bepergian dan sertifikasinya akan diterapkan secara digital sehingga mudah diakses oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Travel Clinic RS Grha Kedoya menjadi salah satu tempat resmi yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Dalam pelayanan vaksinasi ini, Travel Clinic RS Grha Kedoya juga telah bekerjasama dan tersertifikasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta Jakarta, sebagai pemegang otoritas kesehatan perjalanan.